Friday, November 23, 2007

^Aneka Resep Cokelat Pralines^


Membuat Cokelat Pralines...gampang2 susah...
Kalau dilihat dari bentuknya yang manis dan imut...bisa2 kita sayang untuk memakannya :P
Tapi sebenarnya...ada beberapa resep mudah untuk cokelat Pralines...dan dijamin ga bakal gagal dehhh bikinnya...let's try together !

Step 1 : siapkan Dark or Milk chocolate Compound...lelehkan lalu siap digunakan
Step 2: kita harus membuat kulit/shell cokelat pralines terlebih dahulu...
usahakan, bagian atas cetakan dilapisi agak teball..supaya Filling/isi annya tidak tumpah
Step 3 : Simpan 1-2 menit di lemari es/freezer
Step 4 : Isi filling ke dalam shell/kulit pralines...secukupnya
Step 5 : penuhi lagi dengan cokelat sampai memenuhi cetakan
Step 6 : masukan kembali ke dalam chiller untuk 5 menit
Step 7 : Check dasar cetakan, kalau sudah blur/buram...artinya cokelat sudah siap dilepas dari
cetakannya...pastikan saat melepas cokelat..lakukan di ruangan ber AC



Untuk resep filling/isi Cokelat Pralines...ada banyak alternatif...check this out!

*Simple ganache*

300ml fresh milk
600 gr cokelat couverture
20 gr butter
2 gr vanilla essences..

Cara membuat : didihkan susu, lalu tuang susu ke dalam wadah berisi cokelat dan aduk hingga
merata. Selanjutnya, tambahkan buter kedalamnya..dan dinginkan sampai
suhu sekitar 40 Celcius

*Cherry Filling* 250 gr Butter 150 gr Gula halus 100 gr susu kental manis 100 cc Kirsch (dari fermentasi buah cherry) 500 gr Cokelat couverture (cairkan)

Cara membuat: Susu, butter dan gula dikocok hingga naik...masukan Kirsch.
Tambahkan cokelat cair kedalamnya lalu aduk sampai merata

*Caramel Machiato*
Bagi penyuka Caramel Machiatto nya Starbucks..filling yang satu ini wajib dicoba ;)

500 gr Gula
250 ml Fresh Cream
125 gr Butter
125 gr Glucose
5 gr Mocha Paste

Cara membuat: cairkan gula lalu masukan mentega dan fresh cream sedikit demi sedikit...
Matikan api, masukan glucose dan mocha paste...tunggu sampai dingin..





6 comments:

poetry said...

Thx 4 all your recipes...

Bibie said...

kalo biar coklat kliatan mengkilap(halus) gimana caranya? saya mau bikin coklat buat ulangtahun pacar saya mbak...

KOREA CONTACT LENS,BARBIE LENS,GEO LENS said...

sista ^^
aku pengen bikin cokelat yang dalemnya liquer..gmn yah ^^
pengen buat buat cowo aku mba..makasi yhaa ^^

akbarfoto.com said...

tx resepnya, sptnya enak n harus dicoba niy. biasa pake cooking coklat merek apa mba?. gmn ya caranya biar rasa coklatnya labih creammy?.
salam kenal... www.akbarfoto.com

global said...

wah cake q lupa gulax

Herdanty Rachmania said...

Hallo.. bantu jawab aja yaa.. setau saya dalam pengolahan coklat tidak boleh terlalu panas dalam proses pemasakan dan paling mudah gunakan proses au bein marrie, cukup coklat leleh saja, dan saat mengaduk hati2 coklat jangan sampai terkena air, ushakan cetakan bersih kering